cctv Whatsapp

Seputar Peradilan

 
SILARU Sebagai Ikhtiar Mewujudkan Pelayanan Prima Oleh Pengadilan Agama Purwakarta

Purwakarta | www.pa-purwakarta.go.id (05/04/2023)

Rabu, 05 April, 2023, Dalam rangka memberikan layanan prima bagi masyarakat, Pengadilan Agama Purwakarta melaksanakan kegiatan SILARU langsung ke rumah pihak pendaftar SILARU. Adapun sidang tersebut dilaksanakan langsung di tempat oleh Majelis Hakim, Panitera Pengganti, Admin hingga beberapa aparatur Pengadilan Agama Purwakarta sebagai petugas yang membantu proses penyelenggaraan SILARU. SILARU adalah Sistem Layanan Baru untuk Sidang Di Luar Gedung Pengadilan Agama Purwakarta yang dilaksanakan langsung di rumah/lokasi terdekat pihak pendaftar SILARU dan diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan seperti Penyandang Disabilitas atau Lansia.

silaru3

Sejalan dengan program pelayanan ramah penyandang disabilitas dan kaum rentan yang menjadi program prioritas oleh Badan Peradilan Agama (BADILAG) dalam lingkungan peradilan agama, maka Pengadilan Agama Purwakarta memberlakukan SILARU sebagai salah satu bentuk layanan kepada masyarakat untuk memberikan akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas maupun Lansia sehingga kesetaraan hak dan akses setiap pihak tanpa terkecuali dapat diwujudkan.

SILARU sudah dijalankan sejak tahun 2021 pada Pengadilan Agama Purwakarta, awalnya pendaftaran SILARU hanya dapat dilakukan secara manual, pihak harus datang langsung ke Pengadilan, hingga akhirnya pada akhir tahun 2022 Pengadilan Agama Purwakarta memberikan kemudahan kepada pihak pendaftar SILARU untuk melakukan pendaftaran secara online melalui form bit.ly/daftarsilaru lalu verifikasi akan dilakukan oleh petugas/agen SILARU, setelah disetujui maka jadwal sidang akan disampaikan melalui JSP kepada pihak pendaftar SILARU, dimana sidang tersebut dilakukan di lokasi rumah/tempat terdekat dari pihak.

silaru2

Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Drs. Amril Mawardi, S.H., M.H., dalam kunjungannya ke rumah pihak pendaftar SILARU menyampaikan bahwa program SILARU sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya lansia dan/atau penyandang disabilitas sehingga kita yang “jemput bola” agar memberikan pelayanan yang maksimal.

“Pelaksanaan SILARU perlu dipertahankan dan bahkan ditingkatkan mengingat masih ada masyarakat yang membutuhkan bantuan dari Pengadilan karena kesulitan aksesnya untuk datang langsung ke kantor, sosialisasi SILARU dan pendaftaran secara online wajib digencarkan sehingga akan banyak masyrakat yang terbantu dan pelayanan prima dapat terwujud” ujar Pak Ketua.

Pihak pendaftar SILARU pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap aparatur Pengadilan Agama Purwakarta yang memberikan kemudahan layanan sehingga dapat dilakukan sidang di tempat.

silaru1

“Alhamdulillah, kami terbantu dengan adanya program SILARU ini, karena saya (pihak pendaftar SILARU) sudah kesulitan untuk langsung datang ke kantor dalam mengikuti persidangan, semoga PA Purwakarta semakin maju dan selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat”. Ungkap Pihak Pendaftar SILARU.

Akhir kata, semoga SILARU dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat yang sekiranya mengalami kesulitan untuk datang ke Pengadilan dan pelayanan prima dapat terwujud bagi semua kalangan. [Hanif]