Seputar Peradilan

1apm

Pada hari Rabu dan Kamis (21/11/2018 dan 22/11/2018) dalam rangka menjamin kualitas Manajemen Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Purwakarta, Komite Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat (Drs. Ahmad Jufri, S.H, M.H.) melaksanakan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Purwakarta. Pada hari Rabu dan Kamis (21/11/2018 dan 22/11/2018) dalam rangka menjamin kualitas Manajemen Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Purwakarta, Komite Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama MARI yang diwakili oleh Sekretaris PTA Jawa Barat Drs. Ahmad Jufri, S.H, M.H melaksanakan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Purwakarta.

2apm

Sebelum Surveillance APM dilaksanakan, terlebih dahulu digelar Opening Meeting. Ketua Pengadilan Agama Purwakarta (Dr. Tamah, S.H., M.H.) memberikan sambutan selamat datang kepada Tim Surveillance / Assesor eksternal dan sebagai Top Manajemen dalam Tim Penjaminan Mutu, Beliau menyatakan Siap untuk dilaksanakan Surveillance APM ini. Ketua Tim Penjaminan Mutu yang dijabat oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwakarta (Drs. H. Yayan Atmaja, S.H, M.H.) dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa keberhasilan yang telah diraih oleh Pengadilan Agama Purwakarta dengan Nilai Akreditasi A "Excellent" senantiasa dilanjutkan sampai waktu yang tak terbatas.

3apm

Setelah mendapat predikat A "Excellent", Pengadilan Agama Purwakarta terus membenahi dalam bidang administrasi umum, administrasi perkara sampai pada pelayanan publik. Banyak perubahan yang dapat dilihat seperti hadirnya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dimana Pengadilan Agama Purwakarta keluar sebagai juara pertama dalam lomba PTSP untuk Pengadilan Agama Kelas I.B yang diselenggarakan oleh Dirjen Badilag Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk tahun 2018. Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat selaku Tim Surveillance menyampaikan bahwa surveillance ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana komitmen dan konsistensi seluruh Pejabat dan Aparatur Pengadilan Agama Purwakarta dalam mempertahankan mutu / kualitas manajemen system yang telah berjalan di Pengadilan Agama Purwakarta.

4apm

Assesment yang berlangsung selama 2 hari tersebut (Rabu dan Kamis) berpedoman pada Surat Dirjen Badilag Nomor 3076/DJA/OT.01.3/XI/2018 tertanggal 08 Nopember 2018. Usai Asessment eksternal tersebut, maka ditutup dengan Clossing Meeting, Pada clossing meeting ini Ketua Assesor External menyerahkan hasil surveillance kepada Top Manajemen dan Top Manajemen menyerahkan hasil temuan tersebut kepada Ketua Tim Penjaminan mutu untuk segera dilakukan tindakan aksi perbaikan. Dan Alhamdulillah, dari temuan tersebut tidak ada yang bersifat mayor dan Ketua Tim menyatakan akan segera melaksanakan perbaikan tersebut dan menandatangani Kontrak Kinerja untuk komitmen bersama dalam menjalankan dan mempertahankan Akreditas Penjaminan Mutu (APM) ini.