Seputar Peradilan

Sidang Keliling Pengadilan Agama Purwakarta Kelas I B

Hari ini, Rabu, 11 November 2020 Masehi bertepatan dengan tanggal 25 Rabiul Awwal 1442 Hijriyyah, Pengadilan Agama Purwakarta Kelas I B mengadakan sidang di luar kantor, yaitu sidang keliling atau yang selanjutnya akan disingkat dengan ‘dangling’.

sidkelpandemi 1

Dangling kali ini, seperti biasa, dihadiri oleh Majelis Hakim yang berjumlah tiga orang, yaitu satu hakim sebagai Ketua Majelis Hakim dan dua hakim sebagai Anggota Majelis Hakim serta dibantu oleh Panitera dan beberapa orang staf yang bertugas menjaga kelanacaran sidang.

sidkelpandemi 2

Dangling kali ini mengambil tempat di Desa Karoya, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta tepatnya  di sebuah gedung madrasah Tsanawiyah yang selama masa pandemic, tidak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Dangling kali ini menyidangkan 33 perkara Itsbat Nikah, beberapa bersifat gugatan (contentious) dan sebagian lainnya bersifat permohonan (voluntair).

sidkelpandemi 3

Dangling dimulai pukul  09.00 WIB, diawali sambutan dari Ketua Majelis Hakim yang memberikan paparan singkat tentang posisi hukum perkara Itsbat Nikah agar masyarakat mendapat gambaran tentang perkara yang akan disidangkan pada kesempatan dangling hari ini selanjutnya langsung para pihak yang sudah hadir dan berkumpul diberitahukan untuk mengikuti protocol sidang secara tertib dan teratur dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan di masa pandemic Covid-19.