Seputar Peradilan

Kisah Klasik Untuk Masa Depan

Setelah kurang lebih 3 bulan tidak bersua dan mendengar kelembutan tutur katanya, keluarga besar Pengadilan Agama Purwakarta kembali dapat merasakan suasana keakraban dan kekompakan bersama Wakil Ketua Pengadilan Agama Cimahi, Drs. H. Yayan Atmaja, S.H., M.H. yang sebelumnya bertugas sebagai Ketua Pengadilan Agama Purwakarta. Dalam sambutannya, beliau berharap Pengadilan Agama Purwakarta dapat lebih baik dan lebih maju lagi kedepannya terutama dalam memberikan pelayanan hukum dan keadilan kepada masyarakat pencari keadilan. Dalam sambutannya, beliau berharap Pengadilan Agama Purwakarta dapat lebih baik dan lebih maju lagi kedepannya terutama dalam memberikan pelayanan hukum dan keadilan kepada masyarakat pencari keadilan.

perpisahan1

Suasana keakraban tersebut berlangsung dalam acara Halal Bihalal dan Perpisahan Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera dan Tenaga Kontrak yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 19 Juni 2020 di ruang sidang utama Pengadilan Agama Purwakarta yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB hingga selesai. Selain melepas Drs. H. Yayan Atmaja, S.H., M.H., ada juga Drs. Amril Mawardi, S.H., Ketua Pengadilan Agama Sukabumi, yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Saiful, S.Ag., M.H. (Ketua Pengadilan Agama Cilegon) yang sebelumnya menjabat Hakim Pengadilan Agama Purwakarta, selanjutnya Neng Omis dan Neng Nisa yang sebelumnya bertugas sebagai tenaga kontrak Pengadilan Agama Purwakarta. 

perpisahan2

Banyak kesan positif dan capaian prestasi yang ditorehkan selama kepemimpinan Ketua Pengadilan Agama dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwakarta yang mendapatkan promosi pada awal tahun 2020, termasuk juga kontribusii dan perhatian dari Bapak Saiful, S.Ag., M.H. terhadap Pengadilan Agama Purwakarta meskipun kesehariannya bertugas di Mahkamah Agung Jakarta dan Bapak Moch Jalaludin,SH. (Panitera yang mutasi ke Pengadilan Agama Cimahi Kelas I.A). Begitu juga kesan positif dan capaian kinerja yang telh diberikan Neng Omis dan Neng Nisa selama bertugas di Pengadilan Agama Purwakarta. Tidak ketinggalan kesan yang positif kepada Bapak Moch. Jalaluddin, mantan Panitera Pengadilan Agama Purwakarta yang selalu bersemangat dalam meningkatkan rangking SIPP Pengadilan Agama Purwakarta, dengan memacu para Panitera Pengganti untuk selalu menginput BAS ke SIPP setelah selesai sidang. Demikian ungkapan kesan dan pesan yang disampaikan Ahmad Saprudin, S.Ag., M.H. mewakili keluarga besar Pengadilan Agama Purwakarta.

perpisahan3

Ungkapan terimakasih dan permohonan maaf juga disampaikan Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Dra. Hj. N. Siti Suwaebah, M.H. atas segala perhatian dan kontribusi dari mereka yang telah promosi dan resign dari Pengadilan Agama Purwakarta. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan permohonan maaf karena acara perpisahan tertunda dan baru dilaksanakan karena adanya pandemi COVID-19. Selain acara perpisahan, karena kita masih berada di bulan Syawal, Pengadilan Agama Purwakarta juga sekaligus mengadakan halal bihalal dengan penceramah Bapak Drs. Nurdin, yang akrab disapa Pak Kyai. Dalam ceramah singkatnya, beliau menyampaikan tentang tiga hal yang apabila dilaksanakan akan meringankan hisab untuk masuk surga Allah SWT. Tiga hal tersebut, yaitu orang yang selalu memaafkan sebelum orang lain meminta maaf, memberi kepada orang yang tidak pernah memberikan apapun kepada kita dan yang terakhir menjalin silaturahmi kepada siapapun. Hikmah yang dapat diambil dari penceramah (baca: Pak Kyai), sebagai seorang muslim kita harus memiliki sifat rendah hati selalu memaafkan terhadap sesama, dan menjalin silaturahim tanpa membeda-bedakan. 

perpisahan5

Mengakhiri acara perpisahan dan halal bihalal, pembacaan doa yang dibawakan oleh Deni Heriansyah, S.Ag. Selanjutnya penyerahan cinderamata kepada yang telah pindah tugas dari Pengadilan Agama Purwakarta yang secara simbolis diserahkan oleh Ketua Pengadilan Agama Purwakarta. @dhienS_@retha