Seputar Peradilan

 

Penampakan "Cantik Campernik" Musholla Al-Mahkamah PA.Purwakarta

Sebuah harapan baik yang sudah lama terpendam akhirnya menjadi kenyataan dan menjadi kebanggaan bagi warga Pengadilan Agama Purwakarta dan masyarakat pencari keadilan di Wilayah Pengadilan Agama Purwakarta. Tepatnya pada hari Kamis, tanggal 20 Februari 2020, berlangsung peresmian musholla Al Mahkamah Pengadilan Agama Purwakarta. Acara peresmian yang ditunggu-tunggu oleh warga Pengadilan Agama Purwakarta karena sudah melihat proses pembangunan yang dimulai dari bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan Februari 2020.

penampakan muhola

Dalam acara tersebut, diundang juga Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), Wakil Ketua beserta hakim tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, para Ketua Pengadilan Agama wilayah II sePengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, MUI Kabupaten Purwakarta, para Advokat dan yang teristimewa Bupati Purwakarta, yang sering dipanggil Ambu Anne. Ketua Pengadilan Agama Purwakarta dalam sambutannya, menyampaikan bahwa ide awal pembangunan musholla adalah  Ibu Dr. Tamah (sekarang hakim Pengadilan Agama Jakarta Pusat), kemudian dilanjutkan dan dibangun oleh Bapak Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Drs. H. Yayan Atmaja, S.H., M.H. dan sumber dana berasal dari swadaya infak pegawai dan infak para pihak berperkara, terutama saat mereka mengambil sisa biaya perkara, bahkan hingga selesainya pembangunan musholla, panitia mengabarkan masih mempunyai tunggakan pembayaran bahan bangunan senilai kurang lebih Rp15.000.000,00 (lima belas juta rupiah).

resmi mushola1

Pada kesempatan yang sama Ambu Anne (Bupati Purwakarta) juga menyampaikan Pemerintah Daerah Purwakarta mengapresiasi peran dan jalinan kerjasama dengan Pengadilan Agama Purwakarta selama ini, terutama dalam hal palaksanaan itsbat nikah bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta yang tinggal relatif jauh dari kantor Pengadilan Agama. Selain itu Ambu juga menyatakan kesediaannya untuk memberikan bantuan berupa pembayaran tunggakan sebagian bahan material mushola senilai Rp15.000.000,00 (lima belas juta rupiah), serta beberapa perlengakapan musholla lainnya. dan dalam kesempatan itu pula ambu menyampaikan atas nama pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten menyampaikan terimakasih kepada Pengadilan Agama Purwakarta yang telah memulai pembangunan sarana ibadah di kantor instansi pemerintah di wilayah Kabupaten Purwakarta, dan hal ini sejalan dengan Rencana Kerja Pemda Purwakarta untuk menghimbau kepada instansi yang ada di Kabupaten Purwakarta untuk menyediakan sarana ibadah seperti musholla Al Mahkamah ini sehingga sangat memudahkan bagi masyarakat muslim untuk melaksanakan ibadahnya".

resmi mushola3

Dalam sambutan terakhir, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat mengatakan beliau sangat mengapresiasi atas pembangunan musholla dan jalinan kerjasama Pengadilan Agama Purwakarta dan Pemda Purwakarta dan semoga masyarakat pencari keadilan dapat lebih nyaman selama berada disekitar kantor Pengadilan Agama Purwakarta, serta nyaman ketika saat sholat.

 resmi mushola4

Selanjutnya menginjak pada acara inti, yaitu peresmian musholla Al Mahkamah yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat dan, penandatanganan prasasti oleh Bupati Purwakarta dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat. Diakhir acara para undangan berfoto bersama dan kemudian menikmati hidangan makan siang yang telah tersedia. (@reta)