Seputar Peradilan

Hut TNI KE-74 Didemo, Forkopimda Basah Kuyup

Purwakarta (5/10/2019)

Bertempat di halaman Kodim 0619/Purwakarta, upacara HUT TNI ke-74 digelar. Sejumlah Pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Purwakarta hadir, Bupati Hj. Anne Ratna Mustika, S.E. (Ambu Anne) dan Wakil Bupati (H. Aming) beserta isteri, Kapolres Purwakarta (AKBP Matrius), Ketua Pengadilan Agama Purwakarta (Drs. H. Yayan Atmaja, S.H., M.H.) beserta isteri, Kasmen Armed 2/1 Kostrad beserta isteri, Sekda Kabupaten Purwakarta, Ketua MUI dan pejabat lainnya turut menyemarakkan upacara.

hut TNI web1
Bertindak sebagai pembina upacara Komandan Kodim 0619/Purwakarta, Letkol Arh. Yogi Nugroho, B.S., M.P.M. Upacara semula berjalan dengan khidmat. Setelah komandan upacara menyiapkan barisan, diikuti menyanyikan lagu Indonesia Raya, sumpah prajurit dan pembacaan amanat Panglima, mulai terdengar riuh rendah suara pendemo melalui corong suara. Bupati yang saat itu berdampingan dengan Kapolres dan Ketua Pengadilan Agama Purwakarta mulai membisikkan adanya sekelompok pendemo yang akan mengganggu jalannya upacara. Anehnya saat pembacaan doa oleh Ketua MUI, para pendemo turut berdoa, sehingga suasana yang semula hingar bingar dengan suara pendemo dan musik yang mengiringi menjadi hening, penuh kekhusyuan.

hut TNI web2
Usia upacara yang diikuti pembubaran barisan, dan disiapkan pemotongan tumpeng, tiba-tiba sekelompok massa pendemo masuk dengan meneriakkan selamat ulang tahun. Tumpeng yang dipotong oleh Bupati, Wakil Bupati, Dandim, kapolres diserahkan kepada Prajurit termuda, anggota Kodim dan anggota Polres yang menjaga demontran. Saling menyuapi tumpeng antara Dandim dan Kapolres menjadi suasana terakhir berjalannya acara secara normal.
Tiba-tiba tanpa diduga sebelumnya, water cannon disemprotkan ke seluruh yang hadir, termasuk pejabat forkopimda, sehingga semua berhamburan menghindari semprotan air. Dan karena tidak dapat menghindari, akhirnya banyak yang basah kuyup. Suasana semakin menjadi, saat Wabup, Kapolres, Dandim, Kasmen Armed saling menjeburkan ke kolam ikan yang baru dibangun di lokasi halaman Kodim 0619/Purwakarta. Tak ketinggalan, Bupati Ambu Anne menjadi sasaran “guyuran” dengan seember air.

hut TNI web3
Kemeriahan berlangsung dalam kebersamaan dan kekompakan Forkopimda di hari ulang tahun TNI ke-74. Ini adalah moment pertama yang pernah terjadi di Kabupaten Purwakarta dibawah kepemimpinan Ambu Anne, demikian kata sejumlah pejabat Pemda. Semoga tetap terjalin kerjasama yang baik di antara Pejabat Forkopimda Purwakarta. Dirgahayu TNI ke-74, semoga menjadi TNI Professional Kebanggaan Rakyat. (yy)