Seputar Peradilan

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Musholla Al-Mahkamah

Setelah ditempati selama lebih dari 3 tahun, Gedung baru Pengadilan Agama Purwakarta masih belum memiliki sarana ibadah yang kondusif dan representatif, baik bagi pegawai maupun masyarakat yang berperkara di PA Purwakarta. Menyikapi keadaan tersebut, sekitar awal tahun 2019 Ketua Pengadilan Agama Purwakarta yang saat itu dijabat oleh Dr. Tamah, S.H., M.H. menginisiasi pembangunan Musholla di lingkungan kantor PA.Purwakarta dengan membuat dan membentuk kepanitiaan Pembangunan Musholla. Setelah berjalan selama beberapa bulan, panitia pembangunan musholla baru yang menggantikan panitia sebelumnya yang mendapatkan promosi dan mutasi ke satker lain, telah berhasil meneruskan penerimaan dan penghimpunan dana dari berbagai pihak, termasuk di dalamnya dana yang diterima dari kalangan Pegawai serta masyarakat pencari keadilan.

 mushola1

Setelah mempertimbangkan ketersediaan dana yang telah dihimpun, Panitia Pembangunan Musholla Al-Mahkamah melangsungkan acara peletakan batu pertama pada hari Rabu tangal 28 Agustus 2019 sebagai penanda dimulainya pembangunan Musholla. Peletakan batu pertama dimulai oleh 4 pilar pimpinan Pengadilan Agama Purwakarta yang terdiri dari unsur Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris, dengan disaksikan seluruh pegawai dan masyarakat yang kebetulan sedang menunggu pelaksanaan persidangan.

 mushola2

Ketua Pengadilan Agama Purwakarta Drs. Yayan Atmaja, S.H, M.H. dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap panitia dan semua donatur yang telah secara ikhlas memberikan kontribusinya baik secara moril maupun materil dalam pembangunan Musholla Al-Mahkamah. Pembangunan Musholla Al-Mahkamah ini sangat penting dan sudah lama dinanti-nantikan oleh semua stakeholders, baik kalangan internal, maupun eksternal, terlebih lagi peradilan agama sebagai institusi yang menjalankan tupoksinya berbasis syariat dan hukum Islam. Sementara itu Ketua Panitia Pembangunan Musholla Al-Mahkamah, Drs. Nurdin menyampaikan bahwa panitia masih terus menerima bantuan dari para donatur yang tidak mengikat hingga berakhirnya pembangunan musholla yang diperkirakan selesai dalam rentang waktu dua bulan ke depan.

 mushola3

Sebagai akhir dari rangkaian acara, Deni Heriansyah, S.Ag memimpin do’a, dan dilanjutkan dengan peletakkan batu pertama oleh  4 pilar pimpinan PA. Purwakarta dan ketua Panitia, lalu foto bersama,  dan diakhiri sarapan bersama dengan menikmati hidangan yang telah disediakan panitia, selanjutnya beranjak ke tempat tugasnya masing-masing. [adhien/joe]