Seputar Peradilan

Paturay Tineung Keluarga Besar Pengadilan Agama Purwakarta

Suara gemericik air dari pancuran kolam di sekeliling aula Villa Naraloka Cipulus, ikut menghangatkan suasana keakraban acara Paturay Tineung  keluarga besar PA. Purwakarta, di tengah sejuk dan menusuknya suhu udara malam di sekitar Villa Naraloka, saat itu pada hari Jumat tanggal 23 Agstus 2019. Hampir seluruh peserta yang hadir tampak menggunakan baju penghangat dan tutup kepala, untuk menghangatkan serta mengurangi hawa dingin yang menusuk pori-pori. Villa Naraloka yang menjadi tempat berkumpulnya seluruh pegawai dan alumni Pengadilan Agama Purwakarta malam itu, letaknya tidak jauh dari komplek Yayasan Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah Cipulus, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

naaraloka1Web

Dalam kesempatan itu sebanyak 15 orang alumni dan keluarga hadir berkumpul bersama sejumlah pegawai Pengadilan Agama Purwakarta. Dari awal hingga pertengahan tahun 2019 banyak Pegawai Pengadilan Agama Purwakarta mendapatkan promosi dan mutasi ke berbagai Satker lain. Di antaranya Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Bekasi, Depok, Cibinong, Cianjur, Ngamprah, Soreang, Sumedang dan Cirebon. Selain itu, pada tahun yang sama beberapa alumni telah memasuki masa Purnabhakti.

naaraloka2Web

Ketua Pengadilan Agama Purwakarta Drs. Yayan Atmaja, S.H, M.H. dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap alumni PA.Purwakarta atas semua kontribusi dan capaian prestasi yang ditorehkan selama bertugas di Purwakarta. Saya pada dasarnya hanya melanjutkan kebijakan dan program kerja pimpinan sebelumnya, Dr. Tamah, S.H, M.H yang saat ini bertugas di Pengadilan Agama Pusat, Beliau beserta jajaran alumni telah berhasil membawa dan mewujudkan PA. Purwakarta menjadi salah satu PA terbaik di lingkungan PTA Jawa Barat dan Nasional dengan berbagai inovasi dan prestasinya. Kita memelihara dan melestarikan sesuatu yang sudah baik dan mengambil sesuatu yang lebih baik, "almuhafadhotu 'alal qodimissholih wal akhdzu bil jadidil aslah" sebagamana yang sering diungkapkan para ulama / Kiyai di kalangan Nahdiyyin, demikian Yayan Atmaja menambahkan.

naaraloka3Web

Selain dilakukan pemberian cendera mata kepada para alumni, pada acara malam itu juga diberikan reward kepada beberapa pegawai yang terpilih sebagai "Agent of Change" di Pengadilan Agama  yang berasal dari ASN (Ike Wachyu Handayani, S.HI) dan pegawai honorer (Asep Surahmat). Selain itu juga diumumkan beberapa pegawai berkinerja baik  terdiri yang dari kalangan hakim, pegawai kesekretariatan, kepaniteraan dan honorer. Mereka adalah Drs. Nurdin, Dra. N.E. Nurbayani, Andi Medyana, S.H., Ike Wachyu Handayani, S.HI., Ateng Jaelani dan TB. Sugiato.

naaraloka4Web 

Selanjutnya dalam rangka memperingati sekaligus menyemarakkan HUT Kemerdekaan dan Mahkamah Agung RI yang ke-47 pada hari berikutnya, Sabtu pagi hingga siang tanggal 24 Agustus 2019 diadakan beberapa perlombaan hiburan semisal Lomba Jalan dengan menggunakan bakiak, Lomba Makan Kerupuk, Lomba membawa kelereng dengan sendok dan Tarik Tambang, melalui perlombaan tersebut panitia berharap antara alumni dan seluruh keluarga besar PA.Purwakarta  dapat senantiasa menjalin silaturahim dengan baik meskipun sudah berbeda serta berjauhan tempat tugas masing-masing.

 naaraloka5Web

Sebagai akhir dari rangkaian acara, Panitia mengumumkan para pemenang lomba sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenangnya dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Seluruh alumni dan pegawai PA.Purwakarta mulai beranjak pergi meninggalkan Villa sekitar Pukul 11.30 siang menuju ke tempat kediaman masing-masing. [adhien-joe]