Seputar Peradilan

Semarak HUT RI dan HUT MA RI yang Ke-74 digelar di Gedung PA.Pwk

hut MARI ke 47 1web

Setelah seminggu sebelumnya melakukan kerja bareng dalam kegiatan jalan santai dan lomba Agustusan, hari Sabtu dan Senin kemarin tanggal 17 dan 19 Agustus 2019, dua institusi peradilan yang berada di Kabupaten Purwakarta kembali merajut kebersamaan dan kekompakan dalam Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74, yang bertempat di halaman utama Kantor Pengadilan Agama Purwakarta. Kebersamaan menjadi semakin terasa saat terjadi kolaborasi antar beberapa petugas upacara yang berasal dari PA dan PN Purwakarta. Pemimpin upacara dan petugas pengibar bendera merah putih dari PN Purwakarta, sementara petugas lainnya dari PA Purwakarta, termasuk yang menjadi inspektur upacara secara bergantian dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri saat Upacara HUT Kemerdekaan RI, dan Ketua Pengadilan Agama Purwakarta saat Upacara HUT Mahkamah Agung. Pelaksanaan kegiatan Upacara HUT Kemerdekaan RI dan Upacara HUT Mahkamah Agung berlangsung dengan khidmat tanpa hambatan. Selain diikuti oleh seluruh hakim dan pegawai PA dan PN Purwakarta, nampak juga beberapa peserta dari kalangan siswa-siswi PKL, beberapa pegawai purnabhakti serta Ibu-Ibu Dharmayukti Karini PA dan PN. Purwakarta.

hut MARI ke 47 2web

Upacara HUT Mahkamah Agung ke-74 tahun ini selain mengusung tema Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani, sekaligus juga launching lagu Hymne Mahkamah Agung. Dalam kata sambutannya, Ketua Mahmakah Agung RI, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H, M.H. menyampaikan bahwa saat ini pemanfaatan Teknologi Informasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sudah menjadi tuntutan dan digunakan hampir setiap institusi publik di Indonesia dan di berbagai belahan dunia lainnya. Mahkamah Agung sebagai lembaga yang mempunyai otoritas dalam kekuasaan kehakiman telah mengeluarkan beberapa aturan teknis yang bertujuan melakukan harmonisasi dengan aturan-aturan yang selama ini berlaku dalam pelaksanaan proses peradilan di semua lingkungan peradilan. Selain itu melalui Pokja yang telah dibentuk, Mahkamah Agung tengah dan akan terus melakukan sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik (e-litigasi). Aplikasi e-litigasi adalah kelanjutan dari e-court yang diberlakukan sejak tahun 2018 untuk perkara perdata, perdata agama dan tata usah negara. Melalui sosialisasi tersebut, dalam waktu tidak terlalu lama sumber daya manusia yang ada di setiap lingkungan peradilan diharapkan dapat mengimplementasikan-nya dengan baik dan benar dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Mahkamah Agung.

hut MARI ke 47 3web

Melalui Hymne Mahkamah Agung, diharapkan dapat lebih meningkatkan koordinasi dan soliditas antar aparat penegak hukum di semua lingkungan Peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung. Hal ini juga sekaligus sebagai upaya menciptakan citra positif dan wibawa Mahkamah Agung di mata masyarakat. Demikian Ketua Mahkamah Agung RI menambahkan dalam amanatnya. Pelaksanaan upacara  selain ditutup dengan pembacaan do’a juga disertai dengan acara ramahtamah serta foto bersama di loby dan halaman utama Kantor Pengadilan Agama Purwakarta. [adhien-joe]