Seputar Peradilan

Jalan Santai & Wisata Air Jatiluhur

Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia dan HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74, Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Purwakarta mengadakan acara Jalan Santai Bersama dirangkai dengan acara perlombaan & hiburan bersama. Acara berlangsung pada hari Kamis tanggal 8 Agustus 2019 pukul 07.30 WIB di sekitar waduk Jatiluhur, dengan mengambil start di pintu gerbang Grama Tirta Jatiluhur, dan berakhir di tepian danau Jatiluhur persis di dekat Resto Apung dan Pusat Latihan Kayak.

jalansantaiWEB5

Acara Jalan santai ini selain untuk meningkatkan stamina dan kesehatan para pegawai, juga dimaksudkan sebagai sarana menjalin dan meningkatkan ikatan persaudaraan, kekeluargaan dan keakraban antara keluarga besar Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Purwakarta, demikian diungkapkan Rustanto, S.H, M.H., Ketua Pengadilan Negeri Purwakarta yang baru menjabat di pertengahan tahun 2019 ini. Hal senada juga diungkapkan Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Drs. H. Yayan Atmaja, S.H., M.H. saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan perlombaan & hiburan bersama. Meskipun berasal dari lembaga kementrian yang berbeda, namun lembaga Mahkamah Agung sudah lama menjadi “ibu kandung” lembaga peradilan di bawahnya. Setelah bergabung menjadi satu atap di bawah Mahkamah Agung Republik Indonesia, kita bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengawal berjalannya Visi dan Misi Mahkamah Agung Republik Indonesia demi terciptanya peradilan yang agung, lanjut Yayan Atmaja, menambahkan.

jalansantaiWEB1

Pelaksanaan Jalan Santai berlangsung lancar tanpa hambatan berarti, para peserta nampak ceria serta antusias mengikuti kegiatan tersebut, terlebih selama perjalanan berlangsung dapat sekaligus menikmati keindahan panorama alam dan kesejukan udara pagi di sekitar waduk Jatiluhur. Beberapa kali terlihat para peserta melakukan selfie dan foto bersama sambil sesekali melontarkan canda tawa, setidaknya bisa sedikit menghilangkan kepenatan dan rutinitas tugas sehari-hari di kantor, ujar Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Drs. Amril Mawardi, S.H, M.H., Jika perlu kegiatan ini bisa dijadikan agenda rutin tahunan PA & PN Purwakarta, imbuhnya menambahkan. 

jalansantaiWEB2

Suasana santai dan penuh keakraban terjadi saat diadakan beberapa perlombaan hiburan, antara lain lomba adu cepat memasukkan bola pingpong ke dalam celana bagi para peserta pria dan memasukkan bola pingpong ke baju bagi peserta wanita, lomba memindahkan bola pingpong sambil membawa balon, lomba makan pisang dengan mata ditutup serta lomba adu cepat membuka tali yang disangkutkan pada kedua tangan para peserta. Para pemenang perlombaan nampak sumringah saat menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah bingkisan. Demi menyemarakkan acara perlombaan, Ketua PN & Ketua PA. Purwakarta nampak beberapa kali ambil bagian dari beberapa perlombaan.

jalansantaiWEB3

Sebagai rangkaian penutup acara, panitia bekerja sama dengan Polairud Purwakarta menyediakan dua perahu motor untuk menikmati keindahan panorama waduk Jatiluhur. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat danau dan bendungan Jatiluhur yang menjadi salah satu objek vital PLTA di Jawa Barat dan sekitarnya. Selain itu para peserta yang menjadi penumpang perahu motor juga dapat menikmati beberapa kali manuver dan kepiawaian pengemudinya saat perahu melaju dan berkelok menyusuri bentangan danau Jatiluhur.

jalansantaiWEB4

Setelah menikmati santapan makan siang yang disediakan, para peserta beranjak pulang ke kantornya masing-masing menjalankan tugas dan rutinitasnya kembali memberikan pelayanan dan keadilan kepada masyarakat pencari keadilan. [@dhiens-@joe>]