Seputar Peradilan

Senyum Manis Masyarakat Maniis

Maniis – Purwakarta | (12/7/19).

Untuk memberikan kemudahan akses bagi para pencari keadilan, khususnya bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta (PEMDA) bekerjasama dengan Pengadilan Agama Purwakarta melaksanakan sidang keliling untuk  perkara permohonan itsbat nikah di Aula Kantor Kecamatan Maniis, pada hari Jumat tanggal 12 Juli 2019, demikian salah satu penggalan kata sambutan Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Drs. H. Yayan Atmaja, S.H., M.H. Selanjutnya beliau berpesan kepada masyarakat untuk merencanakan secara baik dan matang dalam pelaksanaan akad nikah jika  ada anggota keluarganya akan  melangsungkan pernikahan dan mencatatkannya di Kantor Urusan Agama setempat untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum. Secara terpisah, Cecep Suhendar S.Sos. selaku Camat Maniis sekaligus mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, menekankan kepada masyarakat Maniis untuk senantiasa memberikan perhatian khusus terhadap aspek hukum dan legalitas perkawinan yang bertujuan terciptanya ketertiban hukum di tengah-tengah masyarakat.

sidkel web 1

Berdasarkan laporan yang disampaikan ketua panitia Pelaksana Sidang Keliling, Dra. N. E. Nurbayani yang menjabat selaku Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Purwakarta, total permohonan perkara yang terdaftar dan disidangkan berjumlah 84 perkara dengan ditangani dan diperiksa oleh dua majelis hakim, dengan dibantu oleh 4 Panitera Pengganti.

sidkel web 2

Komar, salah seorang pasangan yang telah menerima salinan penetapan secara simbolis menyatakan terimakasih dan kegembiraannya atas pelaksanaan Sidang Diluar Gedung Pengadilan Agama Purwakarta yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Maniis ini, saya tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi dan waktu yang cukup lama dalam mengikuti persidangan, imbuhnya.

sidkel web 3

Acara berlangsung relatif lancar meskipun ada beberapa pihak yang tidak bisa hadir dengan berbagai alasan, selanjutnya acara diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama setelah pelaksanaan shalat jumat dilanjutkan konvoi bersama kembali ke Kantor Pengadilan Agama Purwakarta sambil menikmati pesona keindahan alam dan bendungan air di sekitar waduk PLTA cirata.