Seputar Peradilan

 

Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di Kantor Pengadilan Agama Purwakarta

Pengadilan Agama Purwakarta melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di halaman Kantor Pengadilan Agama Purwakarta, Senin (17/9/2018). Bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara pada upacara ini Ketua Pengadilan Agama Purwakarta (Dr. Tamah, S.H., M.H.) Upacara ini diikuti Wakil Ketua, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Purwakarta.

Ketua Pengadilan Agama Purwakarta dalam sambutannya mengatakan upacara Kesadaran Nasional yang dilaksanakan secara rutin setiap bulannya jangan dianggap sebagai formalitas saja tetapi upacara ini memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan meningkatkan kinerja dan profesionalisme kita sebagai Abdi masyarakat yang  memiliki fungsi utamaya itu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat pencari keadilan.

a hkn web

Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Purwakarta mengatakan melalui peringatan Hari Kesadaran Nasional seluruh ASN di lingkungan Pengadilan Agama Purwakarta dapat menyadari dirinya sebagai pelayan masyarakat dan mampu mengembangkan semangat patriotisme kebangsaan, meningkatkan kemampuan dan pemahaman setiap peraturan yang ada, sebab adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat terkadang bukan disebabkan oleh faktor kesengajaan namun terkadang disebabkan oleh faktor kesalahan prosedur administerasi dan perbedaan pemahaman terhadap peraturan. Oleh karenanya Dr. Tamah, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilana Agama Purwakarta menghimbau kepada seluruh ASN Pengadilan Agama Purwakarta agar dapat memahami peraturan dengan sebaik-baiknya melalui sosialisasi, bimtek atau DDTK.

c hkn web

Tak kalah penting menurut Dr. Tamah, S.H., M.H. Terkait posisi ASN Pengadilan Agama Purwakarta sebagai Pelayan dan Fasilitator yang baik dan telah menandatangani fakta integritas harus resfek terhadap fenomena sosial yakni tuntutan masyarakat pencari keadilan terhadap sikap dan prilaku Aparatur Peradilan yang ramah, santun, dan bersifat mengayomi, jauh dari sikap arogan dan sikap ingin menang sendiri. Hal ini dibuktikan dengan adanya perlombaan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) yang mana Pengadilan Agama Purwakarta sebagai Juara I Nasional untuk Pengadilan Kelas I B,  salah satu unsur penilaiannya adalah sikap ramah dan santun serta mempunyai wawasan yang luas terhadap peraturan yang berkaitan dengan pelayanan.

b hkn web

Di penghujung sambutannya Dr. Tamah, S.H., M.H. menyampaikana presiasi yang sangat tinggi terhadap kinerja seluruh Aparatur Pengadilan Agama Purwakarta. Saya menilai mayoritas Aparatur Pengadilana Agama Purwakarta telah melaksanakan tugas secara optimal hal ini terbukti dalam aspek tertentu Pengadilan Agama Purwakarta telah menunjukan kinerja yang cukup memuaskan semua pihak dengan meraih Juara II lomba Administerasi dan Pelayanan Publik pada akhir Tahun 2016, SAPM Tahun 2017 dengan nilai A “Excellent” untuk tingkat Pengadilan Agama Kelas I B, Pengadilan Agama Purwakarta juga telah melaunching Siansidi (Sistem Antrian Sidang Terintegrasi) pada bulan Maret 2017, dan diikut sertakan pada pameran laporan tahunan MARI di Jakarta Convention Center Senayan (JCC) pada bulan Februari 2018, Reformasi Birokrasi / Zona Integritas dengan nilai 89,24, serta menduduki ranking  IV Website se-Indonesia untuk Pengadilan Agama Kelas I B dan terakhir adalah Juara I Lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk Pengadilan Agama Kelas I B di Denpasar, Bali, pada tanggal 10 September 2018. (create: JH)