Seputar Peradilan

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

Jum'at, 08 Juni 2018 M bertepatan dengan tanggal 23 Ramadhan 1439 H, bertempat diruang sidang utama Pengadilan Agama Purwakarta diadakan acara Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

zona integritas
Acara tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Purwakarta. Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Purwakarta dan perwakilan dari Polres Purwakarta. Tepat pukul 09.30 WIB, acara dimulai dan dibuka dengan membaca Bismillah lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan Fakta Integritas oleh Sekretaris Pengadilan Agama Purwakarta, H. Agus Salim, S.HI. Selanjutnya pembacaan Janji Aparatur Pengadilan Agama Purwakarta dengan diikuti oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Purwakarta yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Drs. H. Yayan Atmaja, S.H.,  M.H. dilanjutkan dengan Penandatangan Pembangunan Zona Integritas oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Purwakarta.

zona integritas 4
Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Purwakarta. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Purwakarta, Dr. Tamah, S.H., M.H. menegaskan bahwa Pengadilan Agama Purwakarta bertekad untuk membangun Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi, kolusi dan nepotisme juga menuju wilayah pegawai yang bersih dan melayani. Zona Integritas dimaksudkan bahwa kami sebagai pegawai Pengadilan Agama Purwakarta berkonsisten dan bertekad dengan teguh untuk bekerja dan memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat. Saat ini Pengadilan Agama Purwakarta sudah mempunyai aplikasi dalam menunjang kinerja dan pelayanan yang cepat kepada masyarakat, para pihak yang berperkara sudah bisa mengambil antrin dirumah masing-masing dengan menggunakan HP Android melalui aplikasi Siansidi Mobile. Ibu ketua juga mengucapkan terima kasih kepada Wakil Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, kepada Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Purwakarta dan Perwakilan dari Polres Purwakarta atas kehadirannya dalam acara ini dan beliau mohon dukungannya agar pencanangan Zona Integrasi di Pengadilan Agama Purwakarta berjalan baik juga beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pegawai Pengadilan Agama Purwakarta atas kerja kerasnya, semoga terus ditingkatkan dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional.

zona integritas 3
Sambutan selanjutnya dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat,  Drs. H. U. Mardiana Mudhafar, S.H., M.H. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Zona Integrasi merupakan bagian dari Reformasi Birokrasi, kita sebagai aparatur harus merubah pola pikir dan sikap dari yang jelek kepada yang baik. Beliu juga berpesan dengan mensitir Firman Allah SWT, dalam Surat Ali Imron, ayat (161) yang berbunyi: 
وما كان لنبي ان يغل ، ومن يغلل يات بما غل يوم القيامة ثم توفي كل نفس ما كسبت وهم لا يظلمون
Dan tidak mungkin seorang nabi berkhianat. Barang siapa berkhianat, niscaya pada hari kiamat dia akan datang membawa apa yang dikhianatkanya itu. Kemudian setiap orang akan diberi balasan yang sempurna sesuai dengan apa yang dilakukannya dan mereka tidak di dzalimi.

zona integritas 2
Beliau menjelaskan kalo kita berpegang pada ayat itu kita sudah melakukan reformasi birokrasi dan insyaallah kita akan selamat. Wakil Ketua PTA Jabar pun mengapresiasi kinerja Pengadilan Agama Purwakarta yang terus berbenah dalam memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Hakim Pengadilan Agama Purwakarta,  Drs. M. Rusli, S.H., M.H.