Seputar Peradilan

Kunjungan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia

Pada hari Jumat 08 September 2017, Pengadilan Agama Purwakarta mendapatkan kunjungan dari Pejabat Fungsional Diplomat Diroktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia didampingi penjabat Disnaker Kabupaten Purwakarta beserta rombongan.

Para tamu tersebut disambut oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Purwakarta (Drs. H. YAYAN ATMAJA,  S.H.,  M.H.) didampingi dari unsur Hakim dan pejabat kepaniteran.

kemenlu1

Dalam acara dialognya yang bertempat diruang rapat Pengadilan Agama Purwakarta, Wakil Ketua (Bapak Yayan) menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan pejabat Kemenlu di Pengadilan Agama Purwakarta, selanjutnya beliau mempersilahkan dari perwakilan rombongan untuk menyampaikan maksud kedatanganya.

Upi Dewi Marciana, selaku Pejabat Fungsional Diplomat Kemenlu, menyampaikan bahwa kedatangan kami kesini untuk koordinasi terkait dengan Produk Pengadilan Agama Purwakarta yang berbentuk P3HP (Permohonan Pertolongan Pembagian Harta Peninggalan), sehubungan ada warga Purwakarta yang meninggal dunia di Arab Saudi karena kecelakaan, dan mendapatkan diyat berdasarkan putusan Mahkamah Arab Saudi,  saat ini  kemenlu akan melakukan pencairan diyat tersebut untuk keluarga almarhumah, sehingga perlu ada penjalasan dan koordinasi dengan Pengadilan Agama Purwakarta kaitannya dengan penetapan tersebut.

kemenlu2

Dalam kesempatan itu,  wakil ketua menyampaikan yang intinya bahwa setelah kami memeriksa berkas,  penetapan yang berupa P3HP adalah sah produk Pengadilan Agama Purwakarta dan tetap berlaku selama belum dibatalkan.

Dengan suasana santai dan penuh keakraban dilanjutnya dengan obrolan sekitar permasalahan hukum.

Acara selesai pukul 11.00 Wib.