Seputar Peradilan

RAPAT PEMBINAAN HAKIM, PEGAWAI, TENAGA KONTRAK PENGADILAN AGAMA PURWAKARTA

Purwakarta| www.pa-purwakarta.go.id

Dalam rangka mensosialisasikan hasil Rapat Koordinasi Ketua sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2017 di Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, serta penyampaian Pembinaan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia kepada 4 Lingkungan Peradilan di Banyuwangi tanggal 24 sampai dengan tanggal 26 Juli 2017, serta sosialisasi beberapa aplikasi baru. Maka telah diadakan rapat pembinaan kepada Hakim, Pegawai serta Tenaga Kontrak Pengadilan Agama Purwakarta yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 09 Agustus 2017 di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Purwakarta.

rapat1

Dalam rapat tersebut, Ibu Ketua (TAMAH, S.H., M.H) menyampaikan beberapa hal diantaranya mengenai disiplin pegawai yang datang dan pulang tepat waktu namun ditengah waktu meninggalkan kantor tanpa alasan dan tatacara yang sah dan benar, tunggakan perkara yang lebih dari 5 bulan dan harus segera diselesaikan yang kemudian hasilnya disampaikan ke PTA Jawa Barat. Dan disampaikan pula kendala yang dihadapi sehingga ada beberapa perkara yang masih melebihi 5 bulan belum putus. Dalam rapat tersebut berkembang tanya jawab dan masukan dari peserta rapat diantaranya agar memperhatikan Pasal 35 ayat (1) Perma Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi Di Pengadilan dimana untuk penghitungan penyelesaian perkara tidak termasuk waktu untuk mediasi.

rapat2

Dalam kesempatan tersebut Ibu Ketua Pengadilan Agama Purwakarta (TAMAH, S.H., M.H.) menyampaikan beberapa aplikasi baru berbasis web yang harus segera dilaksanakan dalam rangka inovasi. Aplikasi tersebut mencakup 2 bagian yaitu Kepaniteraan dan Kesekretariatan, untuk Kepaniteraan mencakup Tabayun Online, Pengawasan yang terhubung langsung dengan data SIPP serta Aplikasi SI-KABAYAN yang merupakan Aplikasi unggulan PTA Jawa Barat. Untuk Kesekretariatan masih dalam tahap uji coba.

rapat3