RSS Berita Mahkamah Agung RI

Mahkamah Agung Republik Indonesia
  1. akarta " Humas : Mahkamah Agung hari ini (15/7/2020) secara serentak menyelenggarakan seleksi ujian tertulis Calon Hakim Ad Hoc Tipikor tahap XIII tahun 2020, yang di ikuti oleh 220 peserta yang terdiri dari peserta tingkat banding sebanyak 102 (seratus dua) orang dan peserta tingkat pertama sebanyak 118 (seratus delapan belas) orang, tersebar di 27 wilayah ibu kota provinsi. Dalam ujian Tertulis seleksi calon Hakim Ad Hoc Tipikor Tahap XIII kali ini, para peserta wajib memakai masker, membawa hand sanitizer, menjaga jarak serta konsisten mematuhi protokol kesehatan demi memutus mata rantai penularan virus Covid - 19.

    Ujian seleksi tertulis Calon Hakim ad Hoc Tipikor ini meliputi : Essai (sesi pertama) dimulai pukul 08.30 " 10.30 waktu setempat, dan Membuat putusan (sesi kedua) dimulai pukul 11.00 " 17.00 waktu setempat. (Humas)

  2. Jakarta " Humas : Sekretaris Mahkamah Agung A. S. Pudjoharsoyo, SH., M.Hum didampingi Kepala Bagian Umum Kepegawaian Jumadi, SH., MH membuka Kegiatan Assessmen Center / Uji Kompetensi Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Sekretaris Pengadilan Kelas IA Khusus secara virtual, pada hari Selasa (14/7/2020), bertempat di Command Center Mahkamah Agung.

    Dalam sambutannya, Sekretaris Mahkamah Agung menuturkan bahwa Mahkamah Agung sebagai impelementor dalam kebijakan manajemen ASN tersebut telah mengeluarkan Pengumuman Sekretaris Mahkamah Agung Nomor:1053/SEK/KP.02.1/7/2020 tanggal 10 Juli 2020 tentang Pelaksanaan Assesment Center/Uji Kompetensi Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus pada Mahkamah Agung RI tahun 2020. Adapun maksud dan tujuan dikeluarkan pengumuman dimaksud adalah agar seluruh Sekretaris Pengadilan Banding dan Pengadilan Negeri Kelas Ia Khusus yang sudah menjabat selama 5 (lima) tahun atau lebih unutk dapat dilakukan pemetaan dan penilaian secara kompetensi.

    Pelaksanaan assesment ini dilakukan dengan daring, suatu cara terbaru yang dilaksanakan guna mengurangi pertemuan tatap muka dengan tetap menerapkan prinsip transparansi, objkektif, kompetetitif dan akuntabel serta menghindari praktek yang dilarang pada setiap pelaksanaan pengisian jabatan. Kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada kita Untuk mengungkap logika berpikir, dinamika kepribadian dan sikap kerja yang berkaitan dengan tugas, Merekomendasikan saran pengembangan yang sesuai dengan hasil asesment, Dapat dilakukannya pola staffing/placement yang tepat dalam rangka optimalisasi hasil kerja, Menciptakan lingkungan yang memajukan dan mendorong perubahan sehingga orang mau bahkan semangat untuk mengajukan gagasan perubahan dan perbaikan dan Mengkonsolidasikan hasil masa lalu dan mencapai terobosan kinerja lebih lanjut, ujar A.S. Pudjoharsoyo.

    Diakhir sambutan Sekretaris Mahkamah Agung barharap berharap, kegiatan ini dapat merefresh kembali untuk menyegarkan ingatan Bapak/Ibu terhadap tugas-tugas yang selama ini kita laksanakan. Upaya-upaya yang terus kita lakukan untuk mendukung pelaksanaan visi dan misi Mahkamah Agung menjadi lembaga yang Agung harus tetap menjadi tujuan akhir dari pencapaian kinerja kita saat ini.

    Kegiatan ini dilakukan secara daring / online dari tanggal 14 " 17 Juli 2020 yang dilaksanakan oleh Biro Kepegawaian Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Lembaga Assessmen Center PT ARA Indonesia, dan diikuti sebanyak 60 peserta. (Humas)

  3. Jakarta " Humas : Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung I Gusti Agung Sumanatha,SH.,MH, didampingi oleh Sekretaris Mahkamah Agung A. S. Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum dan Kepala Biro Hukum dan Humas Dr. Abdullah, SH.,M.S membuka acara pengembangan aplikasi e-cort upaya hukum diwilayah Yogyakarta secara virtual, pada hari Selasa (14/7/2020), bertempat di Command Center Mahkamah Agung.

    Dalam sambutannya, Ketua Kamar Perdata mengatakan, Meskipun dalam suasana Covid - 19, tidak menyurutkan Mahkamah Agung untuk tetap meningkatkan kuantitas dan kualitas kinerja, sehingga terus berkarya mewujudkan visi dan misi dengan melakukan adaptasi berlangsungnya revolusi industry 4.0. Dan dalam rangka mewujudkan peradilan secara elektronik, Mahkamah Agung secara konsisten dan continue mengembangkan system dan aplikasi untuk mewujudkan amanat konstitusi yaitu peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

    Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2019 tetang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 271/KMA/SK/XII/2019 tanggal 31 Desember 2019 tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Tingkat Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali Secara Elektronik, merupakan bukti konkrit komitmen Mahkamah Agung melakukan percepatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, tutur Ketua Kamar Perdata.

    Terjadinya wabah COVID-19, berpengaruh pada semua aspek kehidupan, termasuk terjadinya pelambatan upaya pembuatan aplikasi upaya hukum banding, kasasi dan Peninjauan Kembali. Adanya pelambatan tersebut Ketua Mahkamah Agung RI terus mendorong agar terjadi percepatan, sehingga dalam rapat pada tanggal 3 Juli 2020 menargetkan penyelesaian Pengembangan Aplikasi eCourt fitur Upaya Hukum Tingkat Banding Secara Elektronik, ujar I Gusti Agung Sumanatha.

    Diakhir sambutan, Ketua Kamar Perdata mengatakan dengan adanya pelaksanaan secara intensif dapat mempercepat penyelesaian aplikasi sehingga segera difungsikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyarakat pencari keadilan.

    Acara pengembangan aplikasi e-cort upaya hukum diwilayah Yogyakarta secara virtual ini diikuti oleh Ketua Tim Pokja Kemudahan Berusaha, Dirjen Badilum, Ketua Pengadilan Tinggi Pakanbaru, Bengkulu, Yogyakarta, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Kepala Biro Perencanaan, dan para Ketua Pengadilan Negeri. (Humas)